Umum

8 Warisan Budaya Asli Indonesia Yang Di Akui Dunia

Kebudayaan Indonesia diakui dunia

1. Batik Indonesia

 

8-Warisan-Budaya-Asli-Indonesia-Yang-Di-Akui-Dunia

Batik adalah karya Indonesia yang saat ini sudah mendunia. Banyak sekali artis luar negeri yang memakai baju tie-dye untuk menghadiri acara-acara ternama. Selain itu, batik telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Batik sendiri berasal dari beberapa daerah di Indonesia dengan ciri-ciri motif yang berbeda-beda. Dan jenis batiknya sendiri pun berubah, mulai dari batik tulis sampai dengan cetak. Dulu batik dibuat dengan menggunakan alat khusus yaitu canting dan malam untuk menggambarkan motif pada kain dan sering disebut juga batik tulis. Namun sekarang ada alat batik yang menggunakan cetakan yang sering anda kenal dengan sebutan batik cap.

2. Seni dan Budaya Wayang Kulit

Budaya Indonesia kedua yang diakui oleh UNESCO dan banyak turis juga tertarik untuk mempelajarinya, yaitu Wayang Kulit. Kebudayaan yang berasal dari Jawa, khususnya Jawa Tengah sangat menarik. Wayang Kulit merupakan budaya masyarakat Jawa yang terdiri dari dalang, penyanyi atau sinden dan penabuh gamelan.

Selain sebagai budaya, Wayang Kulit digunakan sebagai media penyebaran agama Islam di Indonesia oleh seorang Wali Songo, Sunan Kalijogo. Biasanya pertunjukan wayang kulit bercerita tentang para ksatria wayang seperti Punokawan, Ramayana, Mahabharata.

3. Seni Musik Gamelan

Gamelan merupakan perkumpulan dari beberapa alat musik tradisional Indonesia yang digunakan untuk mengiringi suatu pertunjukan. Misalnya tari, tradisi, boneka dan masih banyak lagi. Gamelan terdiri dari alat musik yaitu gong, gambang, angklung dan saron.

Suara yang tercipta dengan alat ini menghasilkan suara yang sangat khas. Banyak orang asing juga belajar memainkan gamelan. Mereka juga berperan dalam beberapa pertunjukan. Karenanya, sebagai warga negara Indonesia, kami harus memiliki semangat yang sama dengan Anda. Jangan sampai budaya ini lenyap bahkan banyak orang asing yang sudah menguasainya.

4. Alat musik angklung

Alat musik angklung merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara diguncang. Bunyi angklung sangat khas dan setiap ukuran angklung memiliki hasil bunyi yang berbeda. Asal usul angklung terletak di Jawa Barat dan terdiri dari bambu.

Karena alat ini sangat menarik dan unik, hampir dicuri dari negara tetangga. Kini telah terdaftar dan diakui oleh UNESCO bahwa angklung ini merupakan warisan budaya yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia. Alat ini juga digunakan untuk mengiringi beberapa pertunjukan tari seperti Reog.

Alat musik angklung merupakan salah satu budaya Indonesia yang harus kita lestarikan. Angklung dikenal di luar negeri saat ini karena keunikan dan keistimewaannya sehingga banyak orang yang menyukai keindahan bunyinya yang tercipta dari musik angklung ini.

5. Tari Saman, Aceh

Tari Saman merupakan salah satu tarian dari daerah Aceh yaitu Suku Gayo. Tarian tersebut menampilkan gerak-gerik para penari dengan gerakan yang sangat cepat diiringi dengan syair khas Aceh. Tarian ini biasanya digunakan pada acara atau acara penting.

Tarian Saman juga telah diakui oleh UNESCO. Beberapa nama dari tari Saman tersebut adalah Kirep, Guncang, Surang-Saring-Linggang yang berasal dari bahasa suku Gayo. Sedangkan puisi yang dibawakan berasal dari campuran Gayo dan Arab.

Tarian ini didirikan oleh Syejh atau ulama setempat yaitu Syekh Saman dari suku Gayo. Itulah mengapa dinamakan Tari Saman karena pendirinya juga disebut Saman. Ada tarian lain yang juga sangat indah jika dibawakan dan diakui dunia, seperti tari pendet, tari kecak dan masih banyak lagi.

6. Lagu Rasa Sayange dan Lagu Jali-Jali

Betapa kayanya negara Indonesia dalam budayanya. Selain tarian dan alat musik yang banyak diakui sebagai Warisan Dunia, lagu-lagu tradisional seperti lagu Jali-Jali dan Rasa Sayange juga diakui oleh UNESCO. Lagu rasa sayange berasal dari Maluku dan merupakan ungkapan kasih sayang antar masyarakat Maluku.

Lagu tersebut juga diklaim dan diakui oleh negara tetangga. Tapi negara kita berhasil mempertahankannya. Ada juga lagu Jali-Jali yang merupakan lagu Betawi. Lagu ini merupakan warisan budaya yang juga harus dilestarikan. Jangan sampai negara lain mengklaimnya sebagai warisan leluhur mereka.

7. Taman Nasional NTT Komodo

Komodo merupakan salah satu hewan langka yang berasal dari Indonesia. Karena kepedulian untuk melindungi dan melestarikannya, maka diciptakanlah Taman Komodo yang istimewa, yaitu Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo di sebelah timur Nusa Tenggara. Hewan ini berbentuk seperti kadal namun berukuran sangat besar.

Untuk menghormati berdirinya taman tersebut, UNESCO mengakuinya sebagai Situs Warisan Dunia yang harus dilestarikan. Selain Taman Komodo, ada juga Taman Ujung Kulon yang melestarikan badak unicorn asal Ujung Kulon yang juga diakui UNESCO.

8. Senjata keris

Keris adalah alat atau senjata yang digunakan untuk duel jawa. Namun kini Kris sudah jarang digunakan untuk duel. Sekarang lebih banyak digunakan untuk acara Mantenan, yang biasanya dijadikan aksesoris oleh calon mempelai pria.

Senjata keris ini runcing tetapi ujungnya melengkung. Banyak dari keris ini juga dijadikan barang antik dan menjadi koleksi para seniman. Orang yang membuat keris memiliki gelar sendiri-sendiri yaitu master. Sementara itu, keris ini juga berbeda-beda tergantung dari asal kerisnya. Meski berasal dari Jawa, keris ini juga dikembangkan di Nusa Tenggara, Madura dan Sulawesi.

Baca Juga:

Similar Posts