Pendidikan

Contoh Cerita Legenda Dalam Bahasa Inggris

Contoh cerita legendaris dalam bahasa Inggris dan terjemahannya

contoh-cerita-legenda

Legenda adalah cerita rakyat yang diyakini benar-benar terjadi, yang kisahnya dikaitkan dengan tokoh-tokoh sejarah, dibumbui dengan kesaktian, kesaktian, dan ciri-ciri tokoh. Ketika mendefinisikan dan memahami legenda, legenda dapat dibagi menjadi empat kelompok.

Ada empat kelompok legenda:

Legenda Keagamaan Dalam legenda religi banyak kita jumpai cerita para wali yang menyebarkan agama Islam, misalnya Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar di Jawa, sedangkan di Bali kita temukan legenda tentang cerita Ratu Calon Arang.
Legenda gaib/mistis ini menceritakan kepercayaan masyarakat terhadap alam gaib, misalnya kerajaan gaib Bunian di hutan Sumatera, kerajaan gaib Pajajaran di Jawa Barat, kerajaan gaib Laut Selatan di Jawa Tengah dan Yogyakarta, dan Si Manis Jembatan Ancol dari Jakarta.
Legenda individu menceritakan tokoh-tokoh tertentu yang diyakini telah ada dan terjadi, misalnya Sabai nan Aluih dan Si Pahit Lidah dari Sumatera, Si Pitung dan Nyai Dasima dari Jakarta, Lutung Kasarung dari Jawa Barat, Rara Mendut dan Jaka Tingkir dari Jawa Tengah, Suramenggolo dari Jawa Timur, serta Jayaprana dan Layonsari dari Bali.
Legenda lokal adalah legenda yang berkaitan dengan nama tempat munculnya gunung, bukit, danau, dll. Misalnya legenda Danau Toba di Sumatera, Sangkuriang (legenda Gunung Tangkuban Parahu) di Jawa Barat, Rara Jonggrang di Yogyakarta dan Jawa Tengah, Ajisaka di Jawa Tengah dan Desa Trunyan di Bali.

Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas tentang contoh cerita legendaris dalam bahasa Inggris dan terjemahannya. Mari kita simak cerita berikut.

Purbasari memiliki saudara laki-laki bernama Purbararang. Dia menunjuk adiknya untuk tidak setuju menggantikan ayah mereka. “Saya anak sulung, yang diduga bapak telah memilih saya sebagai penggantinya,” keluh Purbararang kepada tunangannya, Indrajaya. Kemarahannya sudah berniat menyakiti adiknya. Ia bertemu dengan sakti seorang nenek untuk menyihir Purbasari. Keajaiban nenek telah membuat Purbasari terpesona, sehingga kulit Purbasari tiba-tiba berubah menjadi hitam. Jadi Purbararang punya alasan untuk mengusir adiknya. “Orang yang dikutuk seperti dia tidak layak menjadi ratu!” kata Purbararang.
Kemudian dia mengirim seorang menteri untuk mengisolasi Purbasari di hutan. Begitu sampai di hutan, sang wazir masih berbaik hati membangunkan rumah untuk Purbasari. Ia pun menasihati Purbasari: “Jadilah Tuan Putri. Cobaan ini pasti akan berakhir, Yang Maha Kuasa pasti akan selalu bersama sang putri”. “Terima kasih paman,” kata Purbasari. Selama berada di hutan, ia memiliki banyak teman, inilah hewan-hewan yang selalu baik untuknya. Di antara hewan-hewan itu adalah monyet misterius berambut hitam. Tapi monyet yang paling memperhatikan purebasari. Lutung Kasarung selalu memanjakan Purbasari dengan bunga – dapatkan sendiri bunga dan buah yang indah bersama teman-temannya.

Pada malam bulan purnama, Lutung Kasarung bertingkah aneh. Dia pergi ke tempat yang tenang dan kemudian bermeditasi. Dia memohon kepada para dewa untuk sesuatu. Lutung Kasarung membuktikan bahwa ini bukan makhluk biasa. Tak lama kemudian tanah di Lutung pecah dan terciptalah sebuah danau kecil, airnya jernih. Airnya mengandung obat yang sangat harum.
Lutung Kasarung bertemu Purbasari keesokan harinya dan memintanya untuk mandi di danau. “Apa keuntungannya bagi saya?” pikir Purbasari. Tapi dia siap untuk mematuhinya. Tak lama kemudian hanya dirinya sendiri. Sesuatu terjadi pada kulitnya. Kulitnya menjadi bersih seperti semula dan cantik kembali. Purbasari sangat terkejut dan gembira ketika dia tercermin di danau.
Di istana, Purbararang memutuskan untuk melihat saudaranya di hutan. Dia pergi dengan tunangannya dan pengawalnya. Sesampainya di hutan, ia akhirnya bertemu dengan adiknya dan saling berpandangan. Purbararang tidak percaya melihat adiknya lagi seperti dulu. Purbararang tak mau kalah muka, ia mengajak kerbau Purbasari yang berambut panjang. “Siapa rambut terpanjang yang bisa dia menangkan!” kata Purbararang. Purbasari awalnya tidak mau, tapi karena kakaknya melayani, dia memaksa. Ternyata rambut purebasari lebih panjang.

“Yah, aku tersesat, tapi sekarang ayo tendang tunangan yang tampan, ini tunanganku,” kata Purbararang sambil mendekati Indrajaya. Purbasari mulai gelisah dan bingung. Lagi pula, dia memiliki Lutung Kasarung dan tangan yang menarik. Lutung Kasarung bergoyang seolah menenangkan Purbasari. Purbararang tertawa terbahak-bahak: “Jadi monyet, tunanganmu?”
Pada saat ini

Lutung Kasarung

Dahulu kala ada sebuah kerajaan di Tatar Pasundan yang diperintah oleh seorang raja yang bijaksana yang dikenal sebagai Prabu Tapak Agung.

Prabu Tapa Agung memiliki dua orang putri yang cantik, yaitu Purbararang dan adiknya Purbasari.

Di akhir hayatnya, Prabu Tapak menunjuk Agung Purbasari, putri bungsunya, sebagai penggantinya. “Saya sudah terlalu tua, sudah waktunya saya turun tahta,” kata Prabu Tapa.

Purbasari memiliki seorang kakak laki-laki bernama Purbararang. Dia tidak setuju dengan adik laki-lakinya yang ditunjuk untuk menggantikan ayahnya. “Saya anak perempuan tertua, seharusnya ayah saya menjadikan saya penggantinya”, gumam Purbararang kepada tunangannya Indrajaya. Kemarahannya, pada puncaknya, membuatnya berniat untuk menyakiti saudara perempuannya. Dia bertemu dengan seorang penyihir untuk menyihir Purbasari. Penyihir itu menyihir Purbasari, sehingga pada saat itu kulit Purbasari tiba-tiba menjadi hitam. Purbararang kini punya alasan untuk membuang adiknya. “Orang terkutuk seperti dia tidak pantas menjadi ratu!” kata Purbararang.

Kemudian ia memerintahkan seorang patih untuk mengusir purbazari ke dalam hutan. Begitu sampai di hutan, jalan masih cukup baik untuk membangun gubuk untuk Purbasari. Ia pun menasihati Purbasari: “Tegarlah tuan putri. Cobaan ini pasti akan berakhir, Yang Maha Kuasa akan selalu bersama Putri. “Terima kasih paman,” kata Purbasari.

Dia punya banyak teman di hutan, yaitu binatang, yang selalu ramah padanya. Di antara hewan tersebut ada monyet misterius berambut hitam. Tapi monyetlah yang paling menarik perhatian Purebasari. Lutung Kasarung selalu menyemangati Purbasari dengan membawakannya bunga dan buah yang indah bersama teman-temannya.

Pada malam bulan purnama, Lutung Kasarung bertingkah aneh. Dia pergi ke tempat yang tenang dan bermeditasi. Dia meminta sesuatu kepada dewa. Ini membuktikan bahwa Lutung Kasarung bukanlah makhluk biasa. Tidak lama kemudian, tanah di dekat Lutung terbelah dan terbentuklah danau kecil, airnya sangat jernih. Obat berbahan dasar air yang sangat harum.

Keesokan harinya, Lutung bertemu Kasarung Purbasari dan memintanya untuk mandi di danau. “Apa keuntungannya bagi saya?” pikir Purbasari. Tapi dia ingin menurut. Tak lama kemudian dia melemparkan dirinya sendiri. Sesuatu terjadi pada kulitnya. Kulitnya menjadi bersih seperti semula dan menjadi cantik kembali. Purbasari sangat terkejut dan senang ketika melihat cermin di danau.

Di istana, Purbararang memutuskan untuk melihat adiknya di hutan. Dia pergi dengan tunangannya dan para penjaga. Ketika sampai di hutan, dia akhirnya bertemu dengan saudara perempuannya dan saling berpandangan. Purbararang tidak percaya melihat adiknya kembali normal. Purbararang tidak mau kalah muka, ia mengajak Purbasari ke adu jotos. “Siapa pun yang memiliki rambut terpanjang menang!” kata Purbararang. Awalnya Purbasari tidak mau, tetapi di bawah tekanan terus-menerus dia melayani saudaranya. Ternyata rambut Purbasari lebih panjang.

“Oke, saya kalah, tapi sekarang mari kita bermain bagus untuk tunangan kita, ini tunangan saya,” kata Purbararang sambil mendekati Indrajaya. Purbasari menjadi khawatir dan bingung. Akhirnya dia mendongak dan menarik tangan Lutung Kasarung. Lutung Kasarung melompat-lompat seolah menenangkan Purbasari. Purbararang tertawa terbahak-bahak, “Jadi monyet itu tunanganmu?”.

Saat itu, Lutung Kasarung langsung bersemedi. Tiba-tiba keajaiban terjadi. Lutung Kasarung berubah menjadi pemuda gagah dengan wajah yang sangat tampan, melebihi Indrajaya. Semua orang terkejut melihat apa yang terjadi dan bersorak gembira. Purbararang akhirnya mengakui kekalahan dan kesalahannya. Dia meminta maaf kepada adiknya dan meminta untuk tidak dihukum. Purebasari yang baik hati memaafkan mereka. Setelah kejadian ini, mereka semua akhirnya kembali ke istana.

Purbasari menjadi ratu, ditemani oleh seorang pemuda impiannya. Pemuda yang selalu menemaninya di hutan dalam wujud lutung.

Hal ini dapat mengajarkan IBI, semoga dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa Inggris bagi semua orang.

Sumber :

Similar Posts