Teknologi

Hati-hati, penipuan berkedok iPhone X

Hati-hati,-penipuan-berkedok-iPhone-X

Hati-hati, penipuan berkedok iPhone X

Hati-hati,-penipuan-berkedok-iPhone-X

Halaman Phone Arena melaporkan bahwa beberapa situs media sosial berisi hadiah yang berisi Apple iPhone X. Hanya nama, alamat email, alamat rumah, dan tempat tinggal yang diberikan.

Meskipun kedengarannya sepele jika Anda hanya memberikan alamat email, informasi yang diberikan dapat disalahgunakan untuk membuat akun yang salah atas nama Anda.

Phil Tully, ilmuwan data utama di perusahaan media sosial ZeroFOX

, mengatakan bahwa unggahan semacam itu merupakan setengah dari spam yang tersebar di media sosial.

Tully dan timnya menemukan sekitar 282 kompetisi seperti itu di YouTube, Instagram dan Facebook.

Mereka juga menemukan sekitar 532 akun media sosial iPhone palsu,

beberapa di antaranya telah dihapus, seperti “iPhone 8 Official” di Facebook dan @ officinal.iphone.giveaway di Instagram.

Penipu juga menggunakan metode pertanian ketenaran dan membuat situs media sosial untuk menarik pengikut yang ditargetkan.

Daftar pengikut dijual kepada pengiklan kriminal untuk mendapatkan tautan phishing yang secara meyakinkan berlangganan ke situs media sosial iPhone.

Segera setelah pengguna masuk, kata sandi mereka dicuri.

Situs tersebut kemudian meminta pengguna untuk memperbarui sistem operasi dan kemudian menyusup ke malware.

Ingat tips berikut dari ZeroFOX, agar tidak tertipu.

1. Periksa URL
Luangkan waktu untuk memeriksa URL untuk memastikan alamat itu bukan peniru yang menambahkan karakter ke alamat situs tanpa Anda menyadarinya.

2. Akun terverifikasi
Hindari mengunjungi akun media sosial yang tidak diverifikasi dan jangan mengunjungi situs web tanpa sertifikasi SSL dan TLS. Beberapa browser menggunakan warna hijau di sebelah “https” untuk menunjukkan bahwa situs tersebut disertifikasi.

3. Tidak cepat percaya
Meskipun harga iPhone X menggoda, Anda dapat menduga bahwa informasi tersebut adalah penipuan. Penipuan semacam itu dapat dengan mudah mengalirkan uang ke rekening bank karena orang lain mengklaim diri Anda.

 

Baca Juga :