Umum

29 Makanan Khas Bogor Paling Enak

29 Makanan Bogor Terlezat

29 Makanan Khas Bogor Paling Enak

Makanan Bogor merupakan salah satu masakan yang khas. Padahal di kota ini banyak varian dan menu makanan berat dan ringan. Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan berbondong-bondong ke tempat ini. Sajian kuliner yang beragam memang membuat semua orang merindukan tempat ini.

Bukan hanya menu kekinian. Banyak turis lebih menyukai rasa tradisional, yang juga harus Anda cicipi. Penasaran apa saja yang bisa dinikmati di Bogor? Mari kita lihat berbagai jenis kuliner yang enak untuk disantap saat tinggal di kota hujan.

1. Doklang
makanan bogor paling enak
Foto: https://www.instagram.com/nw.harrison/

Makanan khas Parung Bogor ini mungkin menjadi makanan pertama yang bisa Anda santap di Bogor. Dimana anda bisa menikmati lontong dengan sambal kacang dengan bumbu rempah yang rasanya sangat nikmat. Sayangnya, menu ini saat ini sulit ditemukan.

Selain ketupat, Anda juga bisa menikmati telur rebus, kerupuk kentang dan daun patat. Harganya mulai dari 5.000 rupiah saja.
2. Gulungan Lasagna
makanan enak khas bogor
Foto: https://www.instagram.com/lasagna_gulung/

Salah satu oleh-oleh yang tidak boleh dilupakan saat berkunjung ke kota hujan ini. Sajian khas ala Italia ini memiliki tiga varian isi yang berbeda. Mulai dari ayam, kerang, dan tuna. Hampir semuanya memiliki rasa yang sulit untuk dilupakan.

Teksturnya sangat lembut, dipadukan dengan sausnya benar-benar sangat cocok, selain tiga varian yang disebutkan di atas, jamur, saus tomat, cabai, wortel, dan keju lumer di mulut adalah sebagian dari isi menu ini.
3. Ubi Jalar Panggang Cilembu
makanan cepat saji murah
Foto: https://www.instagram.com/ubibakarcilembu_ubud/

Di atas Anda bisa menikmati makanan khas Bogor sebagai oleh-oleh. Menu yang satu ini dibakar terlebih dahulu dengan kiln.

Setelah itu, menu yang satu ini mengeluarkan cairan seperti madu. Ini membuat hidangan ini memiliki rasa yang sangat manis.

Makanan ini sangat enak disantap saat udara dingin menerpa. Harganya tidak terlalu mahal lho. Hanya 25.000 rupiah per kilogram. Biasanya paling enak jika disandingkan dengan teh manis hangat.
4. Ayam Goreng Aroma
makanan tradisional bogor
https://www.instagram.com/sanjayanadia/

Sajian khas Bogor yang wajib dicoba ini menghadirkan menu ayam goreng yang memiliki cita rasa berbeda dari yang lain. Dipadukan dengan sambal yang super pedas dan beberapa sayuran segar, rasanya sulit untuk menolak makan di sini.

Menariknya, kamu bisa memilih ayam sendiri lho. Bagian mana yang langsung digoreng. Harganya sendiri tidak terlalu mahal, hanya 15.000 lho.
5. Ngo Hiang
Cemilan khas Bogor
Foto: https://www.instagram.com/eiffeles/

Dari namanya saja pasti sudah tahu kalau menu yang satu ini berada di kawasan Chinatown. Dengan sajian Chinese food yang sungguh nikmat. Harga makanan ini dipatok mulai dari 35.000 rupiah. Lalu apa saja menu yang disajikan untuk Anda?

Sekilas, ada Batagor atau Pempek. Sayangnya tak satu pun dari mereka. Makanan yang satu ini adalah daging babi atau bisa juga dengan ayam. Jadi, bagi Anda umat Islam yang ingin menikmatinya, harap pastikan terlebih dahulu apa yang Anda gunakan.

Keduanya kemudian digoreng tepung, dipadukan dengan tahu dan kentang. Kemudian dipadukan dengan saus kacang yang memiliki rasa gurih, asam, dan manis. Bagi Anda yang memilih ayam, ia hadir dalam balutan tahu yang digoreng lembut dan lumer di mulut.
6. Spons Lapis Sangkuriang
Spons lapis spesial Bogor
Foto: https://www.instagram.com/hanny_ec/

Spon lapis Sangkuriang merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib Anda nikmati saat berkunjung ke Bogor. Banyak sekali wisatawan yang merasakan kenikmatannya.

Kelembutan roti Dengan berbagai macam rasa dan rasa yang nikmat. Sebagai salah satu daya tarik utama mengapa mereka ingin membelinya.

Ada beberapa varian yang bisa kamu beli, mulai dari cokelat hingga talas. Harganya mulai dari 33.000 rupiah. Anda juga dapat meminta penjual untuk memotong semuanya untuk Anda makan di rumah.

7. Mie Glosor
Foto: https://www.instagram.com/soonly_gan/

Masakan khas dari kota Bogor ini terbuat dari tepung aci yang dicampur dengan kunyit. Jadi, Anda mendapatkan rasa rempah yang cukup kuat di sini. Ada beberapa hal menarik yang harus Anda ketahui. Padahal, mie ini sebenarnya bukan berasal dari Bogor lho.

Melainkan oleh Sukabumi. Dulu, banyak warga Bogor yang rela ke sana untuk memakannya. Kemudian beberapa dari mereka mencoba membuatnya. Hingga saat ini, menu ini masih eksis dan menjadi ciri khas Kota Hujan.

Nama Glossor sendiri diambil karena mie ini mengalir begitu mudah saat Anda makan, rasa yang kenyal membuat makanan ini mengalir begitu saja ke dalam mulut Anda. Hidangan ini bisa Anda dapatkan dari berbagai pedagang kaki lima dengan harga mulai dari 10.000 rupiah.
8. Pai Apel
Foto: https://www.instagram.com/pia_applepie/

Kawasan ini merupakan tempat makan dengan suasana yang cukup berkesan, dengan sajian spesial berupa kue-kue.

Makanan ini memiliki cita rasa yang sangat berbeda. Juga, rasa Apple Crumble sangat mengesankan. Lembut dan cukup nyaman untuk digantung di mulut Anda.
9. Toge Goreng
Foto: https://www.instagram.com/done.to.eat/

Jajanan khas Bogor ini memang apa adanya dan menariknya hampir semuanya memiliki rasa yang enak. Salah satunya adalah Toge Goreng. Menu yang satu ini konon juga memiliki pengaruh China dan Eropa. Makanan legendaris ini memiliki rasa yang tidak main-main.

Persiapannya pun tidak terlalu sulit, Anda menggunakan taoge yang sudah direndam terlebih dahulu. Dipadukan dengan ketupat, tahu kuning. Kemudian gunakan bumbu tauco untuk penyedap rasa. Harganya cuma 15.000 lho.
10. Soto Kuning
Foto: https://www.instagram.com/ari_dnd/

Dinginnya Kota Bogor membuat makanan berkuah menjadi salah satu pilihan utama. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba menikmati Soto Kuning yang memiliki cita rasa yang tidak main-main. Menu ini menggunakan santan dan beberapa bumbu aromatik.

Biasanya isiannya menggunakan daging sapi atau jeroan. Untuk melengkapinya, biasanya disajikan dengan nasi dan sambal, lalu ada juga kentang goreng. Cobalah memakannya di pagi hari, Anda pasti akan jatuh cinta dengan rasanya.
11. Air Mancur Martabak

Salah satu menu paling legendaris di antara semua makanan di Bogor adalah Martabak Air Mancur. Konon tempat ini berdiri 21 tahun yang lalu.

Menawarkan twist pada Martabak Telur yang pasti menggoyang lidah tanpa henti. Ada banyak jenis isian yang bisa dipilih. Harganya tidak terlalu mahal mulai dari 50.000 rupiah.

Pemanfaatan dagingnya juga sangat terasa di hampir semua gigitan. Kulitnya renyah dan biasanya paling enak dimakan dengan acar. Seperti mentimun, wortel dan cabai rawit hijau. Di sini Anda juga bisa menikmati martabak manis yang memiliki beberapa rasa. Untuk harga mulai 60.000 lho.

Sumber :

Similar Posts