Umum

Dimensity 1050 secara resmi disajikan oleh MediaTek

Dimensity 1050 secara resmi disajikan oleh MediaTek

Dimensity 1050 secara resmi disajikan oleh MediaTek

MediaTek berhasil meraih pangsa pasar yang cukup signifikan berkat chipset seri Dimensity-nya. Dan kini pembuat chipset asal Taiwan tersebut telah memperluas portofolionya dan meluncurkan SoC baru yang diberi nama MediaTek Dimensity 1050.

Pada dasarnya, MediaTek Dimensity 1050 adalah versi level lebih rendah dari MediaTek Dimensity 1100. Namun, ini adalah chipset pertama MediaTek yang mendukung konektivitas dual mmWave dan sub-6GHz 5G.

MediaTek Dimensity 1050 memiliki fitur CPU octa-core yang diproduksi pada proses 6nm dan fitur dual core kinerja ARM Cortex-A78 clock hingga 2.5GHz. Sementara MediaTek belum menyebutkan inti efisiensi, kemungkinan enam ARM Cortex-A55s.

Chipset ini juga menyertakan ARM Mali-G610 untuk pemrosesan grafis dan mendukung suite HyperEngine 5.0 yang dikembangkan sendiri oleh MediaTek. Dukungan ini menyediakan alat dan fitur pengoptimalan tambahan untuk mencapai kinerja game yang lebih baik.

Daya tarik lain yang ditawarkan MediaTek dari chipset ini adalah dukungan layar beresolusi Full HD+ dengan refresh rate hingga 144 Hz. Ada juga dukungan untuk decoding video AV1 yang dipercepat perangkat keras, pemutaran HDR10+, dan Dolby Vision.

Dimensity 1050 juga menawarkan agregasi operator 3CC dalam spektrum sub-6GHz (FR1) dan agregasi operator 4CC dalam spektrum mmWave (FR2) dan dikatakan menawarkan kecepatan downlink hingga 53% lebih cepat dibandingkan dengan agregasi LTE+mmWave.

Chipset ini juga mendukung antena Wi-Fi 6E dan 2×2 MIMO untuk konektivitas Wi-Fi super cepat. Sayangnya, MediaTek belum mengungkapkan informasi lebih lanjut tentang chipset ini, tetapi mengatakan bahwa smartphone dengan Dimensity 1050 akan dipasarkan antara Juli dan September tahun ini.

Sumber :

Similar Posts