Pendidikan

Pengertian Kelompok, Contoh, Jenis Beserta Perbedaan

Definisi grup

pengertian-kelompok

Suatu kelompok terdiri dari sejumlah orang dengan norma, nilai, dan tujuan yang sama yang secara sadar dan teratur berinteraksi satu sama lain.

Pada dasarnya grup ini adalah tentang orang-orang yang memiliki minat yang sama dan juga memiliki dasar interaksi yang sama. Mereka terhubung satu sama lain melalui sejumlah karakteristik hubungan sosial. Kelompok semacam itu juga dapat diatur dengan ketat dan berjangka panjang, tetapi mereka juga bisa berubah-ubah dan sementara.

Kelompok ini terdiri dari dua orang (dyadlduo), tiga orang (tryadltrio), empat orang (kuartet), dan ratusan bahkan ribuan orang.

Semakin banyak anggota di dalam grup, semakin kecil kemungkinannya untuk memiliki interaksi sosial yang mendalam di antara anggota grup. Sebaliknya, semakin kecil / kecil jumlah anggota dalam suatu kelompok, maka semakin besar kemungkinan terjadinya interaksi sosial yang intensif antar anggota kelompok.

Pahami kelompok oleh para ahli

Untuk lebih memahami kelompok ini, kita dapat merujuk pada berbagai pendapat para ahli, di antaranya sebagai berikut:

Menurut Merton

Kelompok ini adalah sekelompok orang yang saling berinteraksi menurut pola yang telah ditetapkan, sedangkan dalam kelompok ini terdapat rasa kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai bersama dan juga tanggung jawab bersama.

Setelah Homans (1950)

Apabila dikatakan bahwa kelompok ini adalah sejumlah orang yang saling berkomunikasi dalam kurun waktu tertentu, jumlahnya tidak terlalu besar sehingga semua anggotanya memiliki kesempatan untuk berkomunikasi secara langsung.

Setelah Joseph De Vito (1997)

Kelompok ini adalah sekelompok orang yang terkait dan memiliki tujuan yang sama dan di antara mereka terdapat organisasi atau struktur. Di dalam kelompok dikembangkan norma-norma yang menjadi dasar tingkah laku anggotanya.

Jenis grup

Berdasarkan jumlah anggota, jenis atau hubungan antara anggota dengan tujuannya, kelompok dalam masyarakat dapat dibedakan antara lain:

Kelompok utama

Grup utama ini adalah grup yang memiliki sedikit anggota. Namun, tidak setiap grup dengan sedikit anggota termasuk dalam grup utama. Hubungan antar anggota memiliki karakter pribadi (saling mengenal secara pribadi) dan juga mendalam, yang ditandai dengan kolaborasi yang sering bertemu tatap muka dalam jangka waktu yang lama sehingga rasa keterlibatan yang dalam dapat terbangun.

Gol kelompok primer

Tujuan dari kelompok utama ini adalah untuk membangun hubungan pribadi Anda sendiri.

Bahkan ketika suatu konflik kadang-kadang muncul, setiap anggota kelompok utama menunjukkan kepedulian yang serius terhadap kesejahteraan kolega mereka. Dengan demikian hubungan dalam kelompok primer ini bersifat informal, intim, personal, dan total.

Contoh grup utama

Contoh kelompok utama adalah sebagai berikut

  • keluarga
  • Grup teman
  • Teman bermain.

Kelompok sekunder

Grup sekunder ini adalah grup dengan jumlah anggota yang banyak. Hubungan antar anggota ini juga bersifat impersonal (tidak mengenal satu sama lain secara pribadi), lebih kompetitif dan jarang bertatap muka dalam jangka waktu yang lama sehingga tidak dapat mengembangkan hubungan emosional yang baik. Hubungan dalam kelompok ini bersifat fungsional, artinya orang tersebut tidak dilihat dari sudut pandang “siapa”, melainkan dari sudut pandang “apa manfaatnya” untuk pencapaian tujuan kelompok.

Gol kelompok sekunder

Tujuan kelompok sekunder ini adalah untuk mencapai tujuan tertentu sehingga anggota kelompok memainkan peran yang lebih besar sebagai sarana daripada tujuan.

Hubungan dalam kelompok sekunder ini bersifat impersonal, parsial, formal dan juga berdasarkan kegunaan kelompok itu sendiri.

Contoh kelompok sekunder

Contoh kelompok sekunder meliputi:

  • Organisasi kerja,
  • Universitas,
  • Sekolah,

Perbedaan antara kelompok primer dan sekunder

  • Sekundari primer
  • Umumnya kecil. Biasanya besar
  • Interaksi jangka panjang yang relatif Interaksinya pendek
  • Hubungan dekat mungkin memiliki keakraban dan pemahaman yang kurang
  • Memiliki kedalaman emosional. Hubungan itu normal
  • Koperasi dan pribadi. Lebih formal dan impersonal

Berdasarkan cara pandang seseorang terhadap suatu kelompok dengan berbagai belahan kehidupannya, maka kelompok tersebut dibedakan, antara lain:

Dalam kelompok

Ini semua adalah kelompok di mana seseorang merasa seperti anggota dan juga mengharapkan pengakuan, kesetiaan, dan bantuan.

Di luar grup

Setiap kelompok di mana seseorang tidak merasa sebagai anggotanya dan mungkin juga menunjukkan semacam permusuhan, persaingan damai atau hanya merasa berbeda.

Grup dalam maupun luar ini dipisahkan dalam hubungan yang tidak bersahabat. Individu dalam kelompok merujuk pada kelompok atau diri mereka sendiri sebagai “kita” dan anggota individu dari kelompok sebagai “mereka”. Permusuhan baik di dalam maupun di luar kelompok cenderung memiliki suasana budaya (budaya). Misalnya antara pendatang dan masyarakat adat, antara geng (komunitas tertentu) dan permusuhan berdasarkan SARA.

Oleh karena itu semoga penjelasan pengertian kelompok, contoh, jenis, perbedaan, dan ahli sesuai dengan yang sedang dijelaskan dapat bermanfaat.

Sumber :

Similar Posts