Umum

Burung Cendrawasih Tidak Dapat Sembarangan Diperjual Belikan

Burung-Cendrawasih-Tidak-Dapat-Sembarangan-Diperjual-Belikan

Cendrawasih adalah burung yang sangat indah. Namanya sangat terkenal dengan rambut indah yang menghiasi tubuhnya.

Siapapun yang pernah melihat Cendrawasih secara langsung atau lewat gambar pasti setuju bahwa penampakannya sangat enak dipandang.

 

Burung-Cendrawasih-Tidak-Dapat-Sembarangan-Diperjual-Belikan

 

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://hargaburung.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Keindahan bulunya menjadi daya tarik sekaligus keunggulan utama yang dimiliki burung dalam famili Paradisaeidae ini. Burung Cendrawasih merupakan burung yang hanya hidup di kawasan timur Indonesia, tepatnya di pulau-pulau sekitar Selat Tores.

Burung ini juga dapat ditemukan di beberapa bagian Papua Nugini dan Australia.

Tubuh burung Cendrawasih diselimuti bulu panjang menjuntai di kepala, paruh, dan sayap. Burung ini juga dikenal dengan sebutan bird of paradise atau burung cendrawasih karena bulunya yang sangat indah dengan gradasi warna yang menakjubkan. Memang sudah sepantasnya Cendrawasih menyandang nama ini.

Warna yang menghiasi bulu-bulu Burung Cendrawasih merupakan kombinasi dari berbagai warna seperti coklat, orange, hitam, kuning, biru, putih, hijau, ungu dan merah. Perawakan burung Cendrawasih sangat bervariasi, mulai dari 15 cm dengan berat satu kali 50 gram sampai 110 cm dengan berat 430 gram.

Dipercaya bahwa sebagian besar spesies Cendrawasih ada di Indonesia. Dilaporkan ada sekitar 30 spesies burung Cendrawasih, 28 di antaranya hidup di Papua. Bahkan kawat cendrawasih dijadikan maskot atau ikon Provinsi Papua.

Bulu burung Cendrawasih sering digunakan oleh masyarakat adat pada berbagai acara ritual dan menghiasi pakaian adat.

Sayangnya populasi burung cantik ini mulai menurun di pasaran dan justru menurun cukup drastis. Hal ini tidak lepas dari perburuan liar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Burung ini memiliki minat yang sangat besar untuk tetap hidup dan pada mereka yang diawetkan. Dari sini dapat disimpulkan bahwa burung cendrawasih berasal dari Papua.

Pemerintah sebenarnya sudah melarang perdagangan burung cendrawasih.

Langkah ini dilakukan untuk mengurangi penurunan jumlah burung liar.

Jika ingin membelinya harus melalui prosedur dan membeli dari pihak yang berwenang.

Membeli burung secara legal lebih baik agar Anda tidak tersandung kasus dan terlibat dalam konservasi cendrawasih.

Mengingat keunggulan dan jumlahnya yang terbatas, wajar jika harga burung cendrawasih saat ini sangat tinggi. Kisaran harganya bisa mencapai puluhan juta.

Harga yang dijual di dalam dan luar negeri berbeda.

Misalnya, harga burung cendrawasih di Malaysia mungkin berbeda dengan di Indonesia.

Selama ini burung Cendrawasih dijual dalam dua bentuk, yaitu burung hidup dan burung mati. Sebagian besar burung cendrawasih yang masih hidup dapat dilestarikan saat dewasa, mengingat burung muda masih rentan.

Selain itu, burung yang terdaftar sebagian besar adalah burung dewasa.

Harga cendrawasih yang diawetkan dengan yang masih hidup juga berbeda.

Burung Untuk burung yang masih hidup harganya mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp10.000.000 atau lebih. Kisaran harga menyesuaikan dengan jenis burung.

Sedangkan harga burung Cendrawasih kalengan juga tergantung dari jenisnya. Untuk spesies tertentu dengan burung dewasa harganya Rp 5.000.000.

Namun harga ini sangat relatif, bisa naik sewaktu-waktu karena penjualan Cendrawasih juga sangat sulit ditemukan.

Saat burung bersertifikat, biasanya hanya orang tertentu yang menjualnya. Burung yang diawetkan memang sangat menarik karena bisa membuat siapa saja bisa lebih lama mengamati keindahan burung Cendrawasih. Namun, melestarikan burung tidak bisa dibenarkan karena identik dengan membunuh burung.

Lihat Juga: Makanan Burung Murai

Similar Posts