Umum

bibit salak pondoh cangkokan super kwalitas

Pohon Salak Pondoh

bibit salak pondoh cangkokan super kwalitas

Salak Pondoh tumbuh di beberapa tempat di Jawa. Berbagai bentuk, ukuran dan warna buah yang diperoleh secara vegetatif (colokan). Perbedaan bentuk seperti itu disebut modifikasi dan tidak dapat diwariskan.

Berdasarkan uraian di atas, penulis berharap makalah ini dapat merangsang minat menanam buah salak pondoh di masyarakat dan dapat lebih banyak lagi masyarakat yang menyukai salak pondoh.

Salak-Pondoh-Sleman
Deskripsi Salak Pondoh

Salak Pondoh memiliki akar serabut. Silinder diameter 6,8 mm, Salak Pondoh Memiliki daun majemuk, menyirip, lurus, menghasilkan daun ganjil, 2-3 helai daun menyatu di ujungnya. Salak Pondoh memiliki bunga berpasangan, terletak di bawah ketiak sisik: bunga jantan berukuran sama. Masing-masing panjangnya 7-8 mm. berdiameter 4-5 mm. Sepasang bunga betina berukuran besar, panjang 4,5-7 cm dan diameter 4-6 cm. Biji salak Pondoh umumnya berjumlah tiga butir per buah:

Baca juga: Salak Pondoh
nama lokal

Nama Salak Pondoh awalnya diberikan kepada Salah Hitam dan telah dikenal sejak tahun 1920-an (Anon: 1997). Ada beberapa salak Pondoh yang diketahui keberadaannya berdasarkan bentuk, ukuran, warna kulit, serta tempat tumbuhnya.

Salak Pondoh Hitam

Kulit salak ini berbentuk bulat hingga lonjong dan paling kecil dibandingkan salak Pondoh lainnya.

Pondoh Salak Hitam Kemerahan

Bentuknya agak bulat, panjangnya 6 – 6,5 cm. sedangkan daging buahnya berwarna krem. Bau dan rasanya seperti nanas.
Tempat dan Syarat Menanam Salak Pondoh

Salak pondoh dapat tumbuh subur dan diproduksi secara optimal di dataran rendah hingga ketinggian 400 m dpl dengan iklim tropis. Produksi dengan curah hujan 2000 mm per tahun. Salak pondoh di bawah naungan tanah Regosol (abu vulkanik Regosol) merupakan jenis tanah yang belum terbentuk diferensiasi horizon yang jelas.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan

Pertumbuhan vegetatif dipengaruhi oleh faktor internal (keturunan dan zat tumbuh). Interaksi antara faktor-faktor ini mempengaruhi pertumbuhan dan diferensiasi.

tekstur tanah

Tekstur tanah adalah perbandingan relatif dari ketiga kelompok utama dalam suatu massa tanah.

struktur tanah

Struktur tanah adalah susunan yang saling mengunci antar partikel tanah. Struktur tanah dibagi menjadi 7 jenis:

piring
tipe tiang
jenis gumol
jenis remah
tipe kasar
tipe einkorn
tipe padat

Terang

Cahaya adalah bagian dari spektrum elektromagnetik, yang memiliki panjang gelombang antara 400 dan 750 mm.

Sumber :

Similar Posts