Pendidikan

Virus Zika: Pengertian, Sifat, Penyebab, Pencegahan, Pengobatan

Pahami virus Zika
Buka baca cepat

Virus Zika merupakan jenis virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Virus ini dapat menyebabkan penyakit ringan yang dikenal dengan demam Zika atau penyakit Zika pada manusia. Nyamuk Aedes aegpti menyebarkan virus Zika dengan cara menghisap virus dari orang yang terinfeksi dan kemudian menularkannya ke orang yang sehat. Berdasarkan penelitian, terbukti bahwa virus Zika dapat menyebar melalui hubungan seksual dan transfusi darah. Virus Zika juga dapat ditularkan dari ibu ke anak melalui kehamilan.
Sifat virus Zika

Virus-Zika-Pengertian-Sifat-Penyebab-Pencegahan-Pengobatan

Berikut ini adalah tanda atau ciri yang akan muncul pada seseorang yang terinfeksi virus Zika, di antaranya:

Gejala yang muncul ringan, seperti demam
Ruam atau merah, bintik-bintik merah di kulit
Nyeri sendi
mata merah
Rasakan nyeri otot
Sakit kepala dan pusing
Terkadang mual bahkan muntah.
Terasa gatal hampir di seluruh bagian tubuh

akar masalah

Penyakit Zika, atau demam Zika, disebabkan oleh gigitan nyamuk dari spesies Aedes (Aedes aegypti dan Aedes albopictus) yang terinfeksi virus Zika, yang termasuk dalam kelompok flavivirus, sejenis virus yang berasal dari famili yang sama dengan virus penyebab demam berdarah dengue.

Saat nyamuk menggigit orang yang terinfeksi virus Zika

, virus tersebut masuk ke dalam nyamuk. Dan saat nyamuk menggigit orang lain, virus masuk ke kelenjar getah bening dan masuk ke aliran darah. Kemudian sistem kekebalan bereaksi terhadap virus yang masuk ke dalam tubuh dengan menimbulkan ruam kemerahan dengan bercak pada kulit (lesi makulopapular).
Baca lebih lanjut: Konvensi adalah

Virus juga bisa ditularkan dari ibu ke janin selama kehamilan. Selain itu, penularan melalui hubungan seksual dan transfusi darah dapat terjadi.
Bagaimana mengatasinya

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat mengalami gejala virus Zika

, di antaranya:

Banyak istirahat
Minum air yang cukup
Mengonsumsi pereda nyeri untuk mengobati demam dan nyeri sendi, seperti asetaminofen (Tylenol, dll.) Dan ibuprofen (Advil, Motrin IB, dll.).
Tekan asupan cairan untuk mencegah dehidrasi.
Tanyakan kepada dokter Anda sebelum minum obat selain yang disebutkan di atas.
Dianjurkan agar pasien yang telah terinfeksi virus Zika menghindari gigitan nyamuk saat terinfeksi virus ini, karena virus Zika yang dapat bertahan lama di dalam darah penderita dapat menyebar ke orang lain melalui gigitan nyamuk.

Bagaimana mencegahnya

Gunakan krim atau losion anti nyamuk
Jika Anda tinggal di tempat yang ber-AC dan tidak dapat menggunakan AC, gunakan kelambu di jendela atau pintu rumah dan kelambu saat Anda tidur.
Gunakan pengusir serangga yang terdaftar di Environmental Protection Agency (EPA) karena aman untuk wanita hamil dan menyusui.
Kenakan baju lengan panjang dan celana dalam warna terang atau terang.
Kuras tempat air bisa menggenang.
Oleskan permetrin ke pakaian, seprai, selimut, bantal, dan barang lainnya.
Kurangi tempat berkembang biak nyamuk untuk mengurangi populasi nyamuk dengan melakukan 3M Plus (mengosongkan dan menutup penampungan air serta menggunakan atau mendaur ulang barang bekas) dan penaburan serbuk larvasida.
Monitoring larva melalui program Jumantik (Gerakan One House One Juruic Larva)
Tingkatkan daya tahan tubuh melalui pola hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti olahraga teratur, asupan makanan yang cukup, dll.
Jika Anda berencana untuk pergi ke luar negeri, lakukan penelitian di daerah yang akan Anda kunjungi sebelum berangkat, seperti: B. Fasilitas kesehatan dan area luar ruangan, terutama daerah yang terkena virus Zika.
Saat Anda kembali dari perjalanan ke salah satu negara di atas, segera lakukan tes laboratorium – terutama pada ibu hamil.
Buang barang bekas yang memungkinkan genangan air, seperti pot bunga, ember atau ban yang sudah tidak digunakan lagi, agar nyamuk tidak menggunakan barang tersebut sebagai tempat berkembang biak.
Sebarkan bubuk larvasida di bak penampungan air untuk membunuh jentik-jentik nyamuk.

 

LIHAT JUGA :

https://teknologia.co.id/
https://butikjersey.co.id/
https://kabarna.id/
https://manjakani.co.id/
https://sewamobilbali.co.id/
https://deevalemon.co.id/
https://cipaganti.co.id/
https://pulauseribumurah.com/
https://pss-sleman.co.id/
https://mitranet.co.id/

Similar Posts